Jumat, 20 November 2009

Motivasi : Mengatasi kejenuhan...

Motivasi:
Oleh: Andin Adyaksantoro
andinadyaksantoro@ymail.com
http://pelangipelangiku.blogspot.com/

Ada kalanya anda merasa jenuh dengan kehidupan anda sehari-hari, baik di kantor, di rumah atau di jalan. Semuanya nampak seperti kegiatan rutin yang harus dilaksanakan. Misalnya, makan, minum, baca koran, ke kantor, naik kendaraan, lewat di jalan yang itu-itu saja, masuk kantor, buka berkas lagi, istirahat, bekerja lagi, selesai kerja, pulang, melalui jalan yang sama, sampai di rumah, sudah penat dan ngantuk, mandi, makan, lalu belajar sejenak, kemudian tidur, istirahat untuk esok pagi, dan esok paginya seperti biasa lagi, bangun pagi, olah raga, mandi, makan, minum dan seterusnya.

Suatu rutinitas yang banyak dialami oleh orang-orang masa kini, yang makin kompleks permasalahannya, namun kehidupan rutin tetap seperti kemarin, hari ini dan esok hari, tak terputus.

Apakah anda merasa jenuh dengan kegiatan rutin anda saat ini?

Apabila benar, maka ada cara untuk mengatasi rasa jenuh atau kejenuhan tersebut, yaitu:

1. Ambil inisiatip kegiatan yang berbeda dengan kegiatan hari-hari kemarin.

Misalnya, kalau kemarin anda bangun pagi pukul 5.00 WIB, maka hari ini, anda coba bangun pukul 3.00 WIB, lalu belajar, membaca buku, atau nonton televisi, setelah itu olah raga, mandi, makan, kemudian pergi dengan kendaraan, melalui jalan yang lain, jalan yang berbeda dengan hari kemarin, setiba di kantor, jangan buka berkas dulu, namun berdoa, lalu melihat-lihat ruangan teman yang lain, memandang kantor sebelah, setelah itu, baru buka berkas namun diringkas isi berkasnya, dan selanjutnya meningkat ke kegiatan selanjutnya, namun diberi variasi yang berbeda dengan hari kemarin atau hari-hari yang lalu, yang biasanya anda kerjakan.

Demikian pula, saat pulang dan tiba di rumah, buat suasana dan kegiatan yang berbeda. Misalnya, kalau anda tidur biasanya jam 24.00 WIB, maka usahakan, tidur jam 20.00 WIB, sehingga bisa bangun lebih awal, yaitu jam 03.00 WIB dan seterusnya, seperti jadwal yang berbeda tadi.

Besoknya lagi, rubah jam tidur dan bangunnya, juga kegiatannya sehari-hari, dirubah, divariasi, temukan jadwal waktu yang menurut anda fleksibel dan menyenangkan hati anda. Apabila ini telah anda lakukan, maka rasa jenuh, akan berganti menjadi hari yang menantang,hari yang membuat anda segar dan penuh semangat.


2. Kembangkan hobi yang menarik hati anda.

Misalnya, anda dulu senang dengan tanam tanaman bunga Anggrek, maka usahakan, hobi anda tersebut anda salurkan lagi, benahi lagi, di coba lagi.

Ada lagi, misalnya, dulu anda punya hobi melukis, atau membuat cerpen, novel atau membuat puisi, namun, karena kesibukan pekerjaan anda dan anda tak ada waktu lagi untuk anda pergunakan, maka, upayakan, sisihkan waktu sehari dua atau tiga jam untuk mengikuti atau menggali kembali hobi anda tersebut, dengan cara mengurangi kegiatan-kegiatan rutin yang kurang bermanfaat, misalnya terlalu sering nonton televisi, atau bertamu ke rumah tetangga, kurangi jadwalnya itu semua, lalu fokuskan kepada kegiatan untuk menggali kembali hobi terpendam anda, yaitu seperti di atas tadi, misalnya melukis atau membuat cerpen dan sebagainya, sehingga membuat anda merasa kehabisan waktu dan merasa hidup ini ternyata indah dan mengasyikkan, tidak menjenuhkan dan tidak membosanan seperti hari-hari kemarin anda yang selalu anda keluhkan.


3. Mengikuti perkumpulan atau hobi sosial lainnya.

Misalnya, mengikuti perkumpulan mantan teman SMA anda, atau membantu kegiatan-kegiatan sosial yang ada di sekitar rumah anda, sehingga karena anda menyenanginya, maka anda akan sering diundang untuk mengikuti acara tersebut, misalnya acara reuni SMA, reuni mantan karyawan kantor atau pabrik anda, atau reuni teman sekost anda dulu, atau mengikuti acara sosial yang diadakan di sekitar rumah, kantor atau tetangga saudara, yang pada intinya, anda menyibukkan diri anda dengan segala kegiatan yang membuat anda merasa nyaman, asyik dan menyenangkan.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan tersebut di atas, anda akan merasa tidak pernah jenuh dan merasa antusias untuk menikmati hidup ini dengan segala isinya, yang ternyata indah dan menggairahkan.

Terima kasih..., semoga sukses slalu...!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar