Minggu, 15 November 2009

Motivasi : Majulah selangkah...

Motivasi :
Oleh: Andin Adyaksantoro
andinadyaksantoro@ymail.com
http://pelangipelangiku.blogspot.com/


Majulah selangkah, itu lebih baik daripada tidak maju sama sekali. Kalau anda maju selangkah, berarti anda telah melewati garis yang semula ada di kaki anda, dan itu akan membuat anda berusaha melangkah lebih ke depan lagi, lebih maju selangkah, dua langkah hingga tiga langkah lagi ke depan.

Memang terasa lambat dan lamban, dibanding kalau berlari, namun dibanding kan dengan tidak maju sama sekali, maka sistem maju selangkah lebih baik lagi.

Ini seperti pekerjaan kita sehari-hari, apabila kita langsung menyelesaikannya, kita merasa tidak bisa, merasa letih, merasa tak mampu, karena terlalu kompleks permasalahannya, oleh karena itu, cara pemecahannya, harus dengan dibagi-bagi.

Kerjakan terlebih dahulu yang kecil-kecil, yang gampang terlebih dahulu, setelah itu barulah yang sulit. Namun, kadang kala, ada pula yang berpendapat, selesaikan terlebih dahulu yang sulit, barulah kemudian yang gampang dikerjakan. Ini terserah anda, mana yang terbaik menurut anda.

Kalau menurut saya, saya akan mengerjakan yang gampang-gampang terlebih dahulu, karena dengan menyelesaikan yang gampang terlebih dahulu, akan makin mudah kita menyelesaikannya, makin terlihat betapa tinggal sedikitnya permasalahan yang ada, yang ada tinggal masalah yang sulit.

Setelah itu, kita baru menyelesaikan permasalahan yang sulit, dan setelah kita coba, ternyata bayangan permasalahan yang sulit akan hilang, setelah kita mempelajari dan menelitinya lebih cermat dan teliti. Sehingga, akhirnya, semua masalah dapat kita selesaikan dengan baik dan tuntas.

Seandainya, kalau masalah yang sulit kita selesaikan terlebih dahulu, bisa terjadi, kita pesimis untuk bisa menyelesaikannya, kita kadang ogah-ogahan, karena merasa sulit, padahal kalau diteliti dan dicermati lebih dalam lagi, akan terlihat, bahwa masalah tersebut, sebenarnya juga mudah pemecahannya, hanya saja, kita sering dibuat malas untuk mempelajarinya. Ini akan menghambat pemecahan masalah yang lebih gampang atau gampang sekali, oleh karena itu, untuk merangsang kita, agar kita tertarik untuk menyelesaikannya, menurut saya, selesaikan permasalahan yang gampang terlebih dahulu, bila itu tercapai, kita akan merasa diri kita mampu untuk menyelesaikan yang lebih sulit lagi, karena tinggal sedikit permasalahan yang ada, meski sulit, tapi kita sudah ada bekal kepercayaan diri, mampu untuk menyelesaikannya.

Seperti pelajaran di Sekolah Dasar, maka yang diberikan oleh bapak atau ibu guru adalah pejalaran yang paling mudah terlebih dahulu, setelah bisa, maka meningkat ke pelajaran yang lebih sulit.

Ini dimaksudkan, agar siswa tertanam sikap percaya diri yang tinggi akan kemampuannya terlebih dahulu dan lebih terangsang untuk menantang pelajaran lain yang bobotnya lebih berat atau lebih sulit.

Majulah selangkah, maka anda akan merasa lebih baik daripada sebelumnya. Jangan segan dan jangan malu untuk melangkah lebih selangkah lagi dan seterusnya. Jangan malas untuk melangkah maju setapak lagi.

Anda harus membekali diri anda sendiri keinginan untuk maju dan merubah nasib anda, agar lebih baik lagi. Bila ini telah tertanam dalam diri anda, dalam keyakinan anda, maka, sistem maju selangkah, akan membuat anda merasa optimis, bahwa pekerjaan yang besar pun akan dapat diselesaikannya dengan sistem membagi pekerjaan, selangkah demi selangkah, tidak sekaligus selesai, karena mungkin anda akan merasa tidak mampu.

Pada akhirnya, sistem maju selangkah demi selangkah itu, akan mampu menyelesaikan pekerjaan anda dengan hasil yang baik, meski dengan penyelesaian yang lebih lama dan lebih memakan waktu, tenaga dan pikiran, tapi menurut saya, itu bukan masalah yang berarti, itu lebih baik daripada anda sama sekali tidak menyelesaikannya.

Majulah selangkah...., semoga sukses slalu...! Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar