Rabu, 18 November 2009

Motivasi : Beranilah melangkah...

Motivasi :
Oleh : Andin Adyaksantoro
andinadyaksantoro@ymail.com
http://pelangipelangiku.blogspot.com/

Mengapa anda tidak berani melangkah lagi ?
Beranilah melangkah....!

Kadangkala ada orang yang tidak berani melangkah lebih ke depan lagi, atau maju selangkah lagi, dikarenakan berbagai faktor, diantaranya:

1. Tidak ada keberanian atau takut kegagalan;
2. Merasa nyaman dengan keadaan sehari-hari.

Maksudnya :

1. Tidak ada keberanian atau takut kegagalan,
maksudnya, bahwa tidak ada keberanian yang ada pada dirinya, yang ada pada kemauannya, takut gagal, atau takut di kritik bila salah atau tidak sesuai kebiasaan yang ada, dan lain sebagainya.

Ini banyak terjadi pada orang-orang di sekitar anda, dan mungkin anda sendiri pun juga mengalami hal yang demikian. Ini tidaklah salah, karena ini berkaitan dengan sikap mental yang ada pada diri orang yang bersangkutan.

Mungkin yang bersangkutan pernah mengalami trauma suatu kegagalan, yang membuatnya menjadi lemah dan tak berdaya, tak peduli dengan keinginan hatinya sendiri untuk melangkah maju lagi.

Ini bisa diperbaiki dengan cara antara lain, lupakan masa lalu, masa kegagalan yang pernah ada atau pernah terjadi dan menimpa orang yang bersangkutan atau anda sendiri.

Songsonglah hari ini dan raih masa depan anda, dengan semangat untuk berani melangkah lagi dan capailah keinginan anda yang pernah tertunda. Sekarang dan sekarang lah saatnya. Jangan tunda lagi.

Caranya, berani melangkah, dan jangan hiraukan masa lalu, perbaiki masa lalu dengan cara introspeksi diri, apa yang membuat anda dulu gagal, setelah anda mengetahuinya, perbaikilah dan buat cara yang lebih baik lagi, dan jang jelas, hati anda harus ada kemauan untuk berubah, yaitu berani melangkah lagi ke depan.

Tak peduli apa kata orang, apa kata teman anda, atau bahkan kata orang terdekat anda, yang mungkin mengecilkan atau meremehkan arti kemauan anda, justru dengan nada yang mungkin membuat anda dianggap kecil atau diremehkan di depan teman-teman anda sendiri tersebut, maka anda harus membuktikan sendiri, bahwa anda bukan orang yang dapat dianggap kecil atau orang yang dapat diremehkan, seperti yang mereka duga.

Dulu anda boleh gagal, namun sekarang tidak. Dan, kegagalan bukan berarti selamanya anda gagal.Anda bisa sukses dan anda juga bisa maju. Mengapa tidak ?

Anda pun juga punya impian, anda pun ingin dan bisa sukses, seperti orang yang sukses lainnya. Percayalah, anda bisa dan mampu!

Tanamkan dalam diri anda sendiri, keyakinan bahwa anda mampu dan bisa sukses. Pacu dan teruslah pupuk dan pelihara kata-kata ajaib ini, yaitu anda mampu dan bisa sukses.

Untuk itu, anda harus selalu memotivasi diri sendiri, untuk terus maju ke depan dan berani melangkah.

Buktikan bahwa anda mampu dan bisa. Jangan ragu. Percayalah, pada diri anda sendiri, bahwa anda bisa!


2. Merasa nyaman dengan keadaan sehari-hari,
maksudnya bahwa, hidup yang anda alami sekarang ini memang terasa nyaman dan tidak ada masalah yang berarti bagi anda, karena anda memang ingin hidup yang begini-begini terus, tanpa mau merubah ke arah yang lebih baik lagi.

Kehidupan anda sebenarnya saat ini tengah berjalan, seperti roda mobil yang sedang berjalan, kadang anda ada di bawah, namun kadang pula anda berada di atas, dikenyamanan yang anda ciptakan sendiri.

Sebenarnya, kalau anda mau merenungkan lebih dalam lagi, kenyamanan bagaimana yang ingin anda ciptakan atau hasilkan, apakah kenyamaan yang seperti saat ini, kenyamanan yang statis, yang semu ? padahal anda sendiri tahu, bahwa anda menginginkan kenyamanan yang lebih dari ini, namun sebenarnya, anda sendiri telah menutupnya, anda berusaha membatasi diri anda sendiri, dengan imajinasi anda, bahwa anda telah nyaman. Anda menghibur diri sendiri, bahwa anda telah merasa nyaman, enak dan bahagia.

Sebenarnya, anda telah membohongi diri anda sendiri, perasaan anda sendiri, akal pikiran anda sendiri, bahwa anda telah merasa nyaman. Menurut saya, ini kurang tepat, yang lebih tepat adalah saat ini, anda masih merasa belum nyaman atau merasa tidak nyaman. Renungkanlah kata-kata itu.

Mengapa demikian ? Untuk menjawabnya, anda harus berani melangkah lagi, dengan cara yaitu :

Maksimalkan kemampuan anda, belajar lagi, usaha lagi, cari peluang yang nampak di depan mata anda, ambil kesempatan kedua. Buang jauh-jauh rasa ragu, rasa malas dan rasa malu. Kalau ini halal, mengapa tidak dikerjakan?

Jangan takut, bahwa kenyamanan anda akan hilang, justru dengan cara ini, kenyamanan anda akan bertambah.

Misalnya, dulu anda belum mempunyai kursi di rumah anda, lalu anda mempunyai keinginan untuk memiliki kursi yang bagus dan indah, tentunya anda harus berpikir, bagaimana mendapatkannya.

Anda pasti berusaha mencari dana tambahan, nah, untuk itulah anda harus bekerja sampingan di luar pekerjaan anda sehari-hari / rutin, yaitu di waktu luang, misalnya sore hari selepas jam kantor atau pabrik atau di waktu hari libur, misalnya hari Sabtu, dan atau hari Minggu.

Gunakanlah waktu tersebut untuk mencari tambahan penghasilan, misalnya menjadi tukang ojek, menyewakan mobil / rent car, mengajar di kampus sebagai dosen, atau membuat buku karya ilmiah atau kumpulan puisi atau cerpen atau motivasi yang bila bagus, bisa diterbitkan dan hasilnya untuk keperluan penambahan rasa nyaman yang telah ada, atau bisa pula melakukan pekerjaan sebagai penterjemah bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya atau bisa juga membantu teman membuat gambar / desain rumahnya, atau membangun rumahnya, atau pekerjaan lainnya yang lebih representatif dan lain sebagainya , yang pada intinya, anda akan mengurangi rasa kenyaman anda sendiri barang sejenak, untuk mendapatkan rasa kenyamanan lain yang lebih pada akhirnya.

Apabila usaha anda ini berhasil, maka anda akan memperoleh penghasilan yang memuaskan, yang dapat dipakai untuk membeli kursi yang cantik, bagus dan indah, seperti impian anda, yang dengan bangga, anda sajikan di rumah anda sendiri, yang representatif, yang hasilnya didapat dari cucuran keringat anda sendiri, hasil jerih payah anda sendiri, yang anda peroleh dengan cara mengurangi rasa kenyamanan anda sementara waktu.

Memang, untuk sementara waktu, anda harus meluangkan waktu sejenak dengan cara mengurangi rasa nyaman anda sementara waktu, untuk meraih kenyamanan yang lebih lagi, dengan jalan menerobos batas mimpi anda, menerobos kenyamanan sesaat anda, menerobos kebiasaan sehari-hari anda, dan menerobos rasa malas anda.

Apabila ini telah anda lakukan, maka anda jangan terlalu tergesa-gesa memutuskan bahwa anda telah bekerja maksimal dan sekarang anda telah merasa capek atau anda telah merasa letih, namun mengapa belum nampak juga hasilnya ?

Hasil akan nampak, jika anda bersungguh-sungguh terhadap usaha anda, tunggulah barang sejenak, beberapa hari, maka akan nampak hasilnya. Anda akan memperolah kenyamanan yang lebih, yaitu berupa penghasilan tambahan yang membanggakan anda.

Anda baru menyadarinya setelah anda menikmati hasil kenyamanan yang lebih tersebut dengan hati yang bahagia dan tidak takut akan hilangnya kenyamanan tersebut lagi, karena anda telah mengetahui bagaimana memperoleh kenyamanan yang lebih, yaitu dengan memaksimalkan kemampuan yang ada pada diri anda sendiri dan memaksimalkan waktu yang tersedia pada diri anda sendiri pula.

Manfaatkan dan pergunakan waktu yang 24 jam sehari ini dengan semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan waktu anda, karena waktu tak akan kembali mundur atau berteman dengan anda, bila anda tak mau berkawan dengannya.

Memang untuk memperoleh kenyamanan lebih, diperlukan kemauan yang membaja untuk meluangkan waktunya sejenak untuk memperoleh penghasilan yang lebih, meluangkan waktu kenyamanannya sejenak untuk bekerja sampingan dengan hasil yang aduhai.

Jangan ragu untuk bermimpi.

Beranilah melangkah...

Terima kasih.... Semoga Sukses Slalu...!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar